Ads (728x90)

Download Kurikulum SD KTSP - Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pemberlakuan undang-undang tesebut berakibat pada berubahnya sistem pengelolaan pendidikan, yaitu dari sentralistik menjadi desentralistik. Bentuk nyata dari desentralisasi ini adalah diberikannya kewenangan bagi sekolah untuk mengambil keputusan sendiri berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, baik dalam penyusunan kurikulum maupun pelaksanaannya di sekolah.
                                    Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tertentu dimaksud meliputi tujuan pendidikan nasional, serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh sebab itu penyusunan kurikulum oleh satuan pendidikan dapat memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Dasar dari penyusunan kurikulum ini adalah Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya pasal 3 tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional, serta pasal 35 tentang Standar Nasional Pendidikan.
                                    Standar pendidikan nasional yang ditetapkan oleh BSNP meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional yang diharapkan, acuan utama satuan pendidikan dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah Standar Isi (SI), dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pengembangan kurikulum  zoleh sekolah ini disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya  kepada peserta didik untuk : (a) belajar beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara effektif, (d) belajar bersama dan beguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun serta menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, effektif, dan menyenangkan.
                               

Kurikulum SD KTSP

Download :


Demikianlah yang bisa kami bagikan semoga allah meridhoi . Amin..

Post a Comment