DI INGAT..!! GURU PAUD TIDAK BOLEH LAGI AJARI ANAK BACA TULIS DAN BERHITUNG, BERIKUT INI ALASANNYA

 Assalamualaikum...wr...wb...Selamat pagi Bapak dan Ibu Guru serta Saudara sekalian, salam hormat dan salam sejahtera untuk Kita semua semoga tetap dalam keadaan sehat dan baik. Di ingat ya..!! Mulai saat ini, Guru Paud tidak boleh ajari anak baca tulis.

Banyak orangtua ingin anaknya cepat pandai membaca, menulis, dan berhitung atau dikenal dengan singkatan calistung. Akhirnya, mereka pun diajarkan Baca tuli sebisa  mungkin, melalui kelompok PAUD (pendidikan anak usia dini) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Image result for guru paud ajari anak

Dr. Soetomo, Surabaya, Ahmad Suryawan menegaskan, anak-anak yang mengikuti PAUD dan TK seharusnya tidak diajarkan Baca tulis.

“Baca tulis boleh dikenalkan, tapi tidak perlu,” kata dokter anak yang akrab disapa Wawan.

Wawan mengatakan, anak diajarkan Baca tulis sebaiknya saat duduk di Sekolah Dasar (SD). Memang ada anak yang mulai bisa baca tulis saat masuk Paud Tapi, jika anak belum bisa baca tulis sebelum memasuki SD pun orangtua tidak perlu khawatir.

Namun, menurut Wawan, orangtua tak sepenuhnya salah jika menginginkan anaknya cepat diajarkan Baca tulis Sebab, sejumlah SD masih menerapkan tes Baca tulis kepada anak untuk bisa masuk di sekolah tersebut.

“Harus ada ketegasan, tidak boleh ada ujian atau syarat baca tulis untuk masuk SD. Itu sudah dilarang,” kata Wawan.

Akibatnya, mau tidak mau anak disuruh belajar baca tulis pada usia yang tidak seharusnya. Hal ini tidak baik untuk perkembangan anak.

"Anak bisa melakukan kegiatan itu, tapi tidak mempunyai pengertian ururtan urutan, Contohnya sembilan tambah lima sama dengan 14 dia tahu. Tapi, ketika dikasih soal lain dia enggak bisa,” jelas Wawan.



Demikian berita dan Informasinya semoga bermanfaat,amiiin.

Comments