PRESIDEN JOKOWI : GURU HARUS MENJADI SOSOK YANG MENCERAHKAN

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Siang

Sinarberita.com - Berita seputar perkembangan dunia pendidikan dan profesi keguruan kembali kami bagikan secara eksklusif kepada seluruh rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru yang bertugas sebagai tenaga pengajar dan pendidik dalam satuan pendidikan tanah air.

Guru harus menjadi sosok yang mencerahkan. Hal ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Menurutnya, pendidikan sejatinya berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran di sekolah, keteladanan guru akan tertanam dalam diri siswa, dan itu akan terbawa terus sampai kapan pun.

Hasil gambar untuk presiden jokowi
Gambar Ilustrasi

"Karena itu, guru harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam pikiran dan jiwa, memupuk nilai kasih-sayang, keteladan perilaku, moral, dan kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan karakter,” kata Priden Jokowi kepada para peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2017.

Arahan Presiden tersebut, berangkat dari fenomena interaksi sosial yang menurun. Beliau mengatakan sekarang ini, fenomena interaksi sosial semakin menurun. Di tingkat keluarga juga terjadi pergeseran nilai-nilai. Di sekolah juga demikian, hanya berkeinginan mencari legalitas, mencari ijazah bukan ilmu.

Perhatian terhadap peran guru dalam mendidik generasi bangsa tersebut, juga tak lepas dari fenomena dunia yang mengkuatirkan. Presiden berharap, anak-anak Indonesia dibekali karakter keindonesiaan, agar dapat memagari diri dan tidak terbawa arus.

“Pengahancuran sebuah negara bukan lagi dimulai dari penguasaan teritori, tapi dimulai dari perang ideologi, penghancuran mentalitas, dan sosial budaya. Karena itu kita harus hati-hati,” kata Presiden Jokowi yang SekolahDasar.Net kutip dari dikdasmen.kemdikbud.go.id (18/02/17).

Para guru pun diminta membiasakan siswa dalam kegiatan kemasyarakatan, seperti bersih-bersih kampung di sekitar sekolah dan atau mengunjungi panti jompo, agar anak-anak memiliki rasa sosial. Presiden juga menekankan agar anak-anak diajak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Pancasila, saat masuk kelas sebelum pelajaran dimulai.

Demikian berita dan informasi terkini yang berhasil kami lansir dari sekolahdasar.net. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

Comments