Ads (728x90)

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Sinarberita.com - Kemajuan teknologi informasi bisa dimanfaatkan untuk mempermudah cara belajar. Itulah yang dilakukan SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya. Bermodal aplikasi, sekolah tersebut berhasil membuat siswa bersemangat memperdalam ilmu.

RUANG laboratorium komputer SMP Islam Al Azhar 13 sangat ramai. Puluhan siswa kelas IX B antusias belajar agama islam. Menghadap komputer, mereka asyik mengerjakan kuis yang diberikan Abdul Malik, guru pendidikan agama Islam.

ANTUSIAS: Pelajar SMP Al-Azhar 13 Surabaya asyik belajar menggunakan aplikasi yukBlajar pada gadget.

Setiap siswa mengerjakan dengan cepat. Maklum, waktu mereka untuk menjawab soal dalam kuis itu dibatasi. Meski demikian, siswa tak terlihat terbebani. Mereka malah saling menyemangati kelompok masing-masing agar memilih jawaban yang tepat.

”Kalau ada yang salah dalam kelompok, poin otomatis berkurang menjadi nol lagi. Karena itu, mereka saling menyemangati dan bekerja sama agar poin tak turun,” tutur Abdul sambil menunjuk layar monitor yang berisi pergerakan nilai masing-masing kelompok.

Antusiasme siswa dalam belajar tersebut terjadi lantaran sejak Oktober, sekolah tersebut memakai model sistem pembelajaran baru. Yakni, metode belajar dengan memasukkan semua mapel (mata pelajaran) dalam aplikasi yukBlajar. ”Siswa jadi seneng, bisa belajar sambil bermain gadget,” tutur alumnus Universitas Darussalam Gontor tersebut.

Kepala SMP Islam Al Azhar 13 Hendro Yulius Suryo Putro menyatakan, aplikasi yukBlajar dikenalkan agar beban guru dalam menyiapkan materi lebih mudah. Pengajar tinggal meng-upload materi yang diperlukan ke yukBlajar. Setelah itu, guru bisa menjelaskan kepada para siswa di kelas tanpa repot membawa banyak berkas ke sekolah.

Guru bisa membuat pembelajaran yang menarik dengan berbagai fitur yang disediakan. Misalnya, video pembelajaran atau membuat game agar siswa semakin semangat menimba ilmu. Dengan fitur itu, guru bisa mengekplorasi pengetahuan lebih luas dan komprehensif.

Para guru juga dilatih bersikap profesional melalui aplikasi itu. Salah satunya tidak melakukan plagiarisme karya. Sebab, selama ini untuk menunjang pembelajaran, guru sering menyalin karya orang lain di internet. Tanpa disebutkan sumber di mana guru mendapatkan video, gambar, dan materi yang diajarkan kepada siswa.

YukBlajar menggunakan sistem yang tersambung dengan link yang langsung digunakan guru untuk bahan pelajaran. ”Posisi guru hanya mengantarkan siswa untuk membuka link tanpa harus mengunduhnya. Jadi aman,” terang pria 33 tahun itu.

Alumnus pascasarjana Universitas 17 Agustus 45 (Untag) tersebut menuturkan, yukBlajar sudah dilengkapi sistem pengamanan. Salah satunya menutup konten yang tak dibutuhkan siswa. Hendro mencontohkan, siswa membuka video di YouTube. Video di samping bawah ataupun kiri yang tak ditonton akan dihilangkan selama siswa menggunakannya. ”Biar siswa fokus dan tak ke mana-mana,” jelasnya.

Sementara itu, untuk siswa, pembelajaran berbasis TI tersebut jelas sangat menyenangkan. Sebab, dunia gadget telah akrab dengan generasi muda saat ini. Selain bisa dibuka menggunakan komputer, yukBlajar bisa diakses melalui smartphone. Siswa cukup mengunduh aplikasi itu, lantas mengoneksikan ke internet dan langsung bisa membuka pelajaran sewaktu-waktu.

Bukti kesenangan siswa menggunakan yukBlajar tersebut bisa dilihat dari antusiasme mereka di kelas. Salah satunya saat guru membuka fitur game atau kuis. Siswa otomatis berebut menjawab. Seolah, aplikasi itu digunakan untuk main-main. Padahal, setiap fitur di yukBlajar menggunakan materi pelajaran. ”Mereka nggak terasa sedang memecahkan soal,” tutur Hendro, lalu tersenyum.

Kondisi tersebut juga disampaikan guru matematika Asty Ridha Harini. Menurut dia, dengan game, soal matematika yang biasanya sulit menjadi lebih mudah. Siswa mampu menyelesaikan soal dalam waktu yang cukup singkat. ”Dengan aplikasi itu, anak-anak rajin berlatih menjajal setiap rumus,” ujar alumnus Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut.
(Sumber : jawapos)

Download Aplikasi SUMBER INFORMASI PGRI di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/SumberInformasiPgri


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

Post a Comment