Ads (728x90)

Assalamualaikum....wr....wb...Salam sejahtera untuk Kita semua semoga tetap dalam keadaan sehat dan baik. Pemerintah kembali berikan kabar baik buat CPNS 2017, berikut ini Info lengkapnya.

Kabar melegakan datang bagi pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun lalu. Setelah berbulan-bulan tidak ada kejelasan, pemerintah akhirnya memberikan lampu hijau pengangkatan. Bahkan, sudah disiapkan anggaran Rp 2 triliun untuk gaji mereka.

Image result for cpns 2017

Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan menjelaskan, sejatinya tahun ini tidak dibuka seleksi CPNS baru. Yang berlaku adalah penuntasan rekrutmen CPNS tahun lalu. ”Seperti bidan PTT, guru garis depan (GGD), dan penyuluh pertanian,” katanya di Jakarta kemarin (21/1).

Bidang lain yang masih dibutuhkan adalah sekolah kedinasan, atlet berprestasi internasional, dan penyandang disabilitas. Di luar kriteria-kriteria khusus tersebut, pemerintah tetap memberlakukan moratorium rekrutmen CPNS. Karena itu, politikus PDI Perjuangan tersebut berharap para tenaga honorer tidak tertipu kabar rekrutmen CPNS baru.

Arteria menyatakan sudah bertemu dengan Menteri PAN-RB Asman Abnur. Hasil pertemuan itu antara lain adalah kuota CPNS untuk formasi bidan PTT (pegawai tidak tetap) sudah mendapatkan jaminan.

”Anggaran sudah dialokasikan. Informasinya, semua akan diangkat,” ungkapnya. Semuanya sekarang sedang diproses. Untuk bidan PTT, saat ini prosesnya sudah sampai pada pemenuhan dokumen administrasi di internal Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Yang juga perlu diketahui, pengangkatan CPNS tahun ini tidak terkait dengan isu revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN). Bahkan, menurut Arteria, pemerintah tidak berencana merevisi UU ASN. Sebab, semangat revisi UU ASN, seperti yang banyak beredar, sudah melenceng. Yakni hanya untuk mengakomodasi pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS baru.

”Saya sesalkan informasi revisi UU ASN itu. Karena bisa membuat tenaga honorer mengira ada pengangkatan,” katanya.

Padahal, pemerintah saat ini masih kewalahan dalam menuntaskan pengangkatan CPNS tenaga honorer kategori 1. Belum lagi ada desakan mengangkat tenaga honorer kategori 2 yang jumlahnya mencapai setengah juta orang. Masalah bakal tambah pelik karena muncul saran tenaga honorer nonkategori juga minta diangkat menjadi CPNS baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membenarkan bahwa usul CPNS baru untuk guru daerah khusus sudah disetujui Presiden Joko Widodo. Kuota untuk CPNS baru GGD mencapai 6.296 orang. Mereka adalah yang lolos seleksi tahun lalu sehingga nanti tinggal diumumkan.

Namun, Muhadjir belum bisa menjelaskan kapan pengumuman itu dilansir. ”Yang jelas, lebih cepat lebih baik,” tutur dia. Nanti pengumuman resmi CPNS baru untuk formasi GGD dilakukan Kementerian PAN-RB atau daerah. Sebab, pada dasarnya mereka adalah CPNS pemerintah daerah (pemda) di lokasi penempatan.

Yang jadi tantangan Kemendikbud ialah membentengi para CPNS GGD itu supaya tetap mengajar di lokasi penempatan. Tidak seperti yang terjadi saat ini, ada sejumlah CPNS GGD yang ditarik ke pusat kabupaten. Bahkan, ada yang kembali ke kampung halaman di Jawa.

Muhadjir ingin CPNS GGD menjadi pegawai Kemendikbud. Dengan demikian, Kemendikbud bisa mengontrol langsung keberadaan mereka. Namun, rencana tersebut masih akan lama terealisasi. Sebab, dalam aturan otonomi daerah, guru PNS adalah pegawai pemda.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes Usman Sumantri juga membenarkan kabar tersebut. ”Tapi, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait persetujuan pengangkatan 43.310 PTT, yang terdiri atas 39.090 orang PTT, menjadi CPNSD (daerah) dan 4.220 menjadi P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, Red). Jadi, saya belum berani berkomentar banyak,” ungkapnya.

Kendati demikian, kabar itu diakui Usman sebagai angin segar bagi para PTT di bidang kesehatan. Dia berharap pengangkatan tersebut bisa membuat para CPNS semakin bersemangat dan meningkatkan kinerja.

Ketua Forum Bidan Desa PTT Lilik Dian Ekasari merespons positif kabar itu. Menurut dia, sudah sepantasnya mereka diangkat karena telah bertahun-tahun mengabdi. ”Selama menjadi pegawai kontrak, kontrak kita (bidan desa PTT, Red) dari Kemenkes pusat,” jelasnya.

Lilik berharap tes CPNS Juli tahun lalu tidak disia-siakan. Dia tidak ingin ada tes lagi karena bisa menghamburkan uang negara. Saat ini, ungkap dia, jumlah bidan PTT mencapai 42.245 orang.

Menurut Lilik, ada sejumlah dampak positif jika bidan PTT segera diangkat menjadi CPNS. Antara lain menghapus praktik pungutan liar saat mengurus perpanjangan kontrak sebagai PTT. Kemudian mendukung program menurunkan angka kematian ibu dan bayi (AKI-AKB) sebagai upaya ketahanan kesehatan bangsa.

Lilik berharap pengumuman kelulusan bidan PTT menjadi CPNS keluar sebelum 8 Maret. Bertepatan dengan diperingatinya Hari Perempuan Internasional.


Demikian berita dan Informasinya semoga bermanfaat,amiiiin.

Post a Comment

  1. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014

    YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...

    ReplyDelete