Ads (728x90)

Assalamualaikum...wr...wb...Salam sejahtera untuk Kita semua semoga tetap dalam keadaan sehat dan baik. Di tahun 1880, Guru sangat di hormati hingga saat jalanpun harus membunggkuk, tapi sekarang sangat jauh berbeda.

Gambar yang ada di arsip nasional Belanda berikut ini di ambil pada sekitar tahun 1880-1910 di Jawa. Berbeda dengan sekarang yang krisis Ahlak dan seolah tidak lagi menghormati guru, hingga tidak lagi memiliki wibawa. Padahal para guru adalah pengajar ilmu, kepada mereka kita menuntut ilmu.


Bukannya kita kembali ke jaman feodal, melainkan apa jadinya jika yang muda sudah tidak ada rasa hormat kepada yang tua, terutama guru pengajar, tempat menimba ilmu? Apakah budaya urak urakan yang patut kita lestarikan  meski bertentangan dengan adab ketimuran?, ataukah kita memakai identitas sendiri sebagai masyarakat nusantara yang menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai moral.

Lihatlah perbandingan bagaikan langit dan bumi.. Apakah ini yang disebut guru dan murid? Miris!! Mari berbenah, dan jadikan gambar ini sebagai pelajaran. 


Demikian beritanya semoga bermanfaat,amiiin.

Post a Comment