Ads (728x90)


Download Model Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional SD, SMP, SMA
Pemerintah terus berupaya memenuhi hak setiap warga negara dalam memperoleh layanan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia. Sejalan dengan itu, Pemerintah telah menetapkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk menyelengarakan sekolah yang bertraf internasional.
Pada tahun 2006 Pusat Kurikulum melakukan studi/penelitian tentang penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia pada sekolah yang menyebut diriny bertaraf internasionl bik sekolah swasta maupun negeri meliputi TK, SD, SMP, dan SMA. Hasil studi memetakan profil sekolah meliputi keadaan tenaga pendidik dan pesera didik, keberadaan sarana dan prasarana, kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian yang dilaksanakan di sekolah serta
pandangan dan pendapat sekolah tentang SBI. Studi merekomendasikan disusunnya model kurikulum bertaraf internasional.

Tujuan disusunnya model ini untuk memberikan wacan pada satuan pendidikan model kurikulum yang diperkaya dengan kurikulum sekolah unggul dari negara anggota OECD dan / atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan. Model kurikulum ini selanjutnya dapat diadaptasi maupun diadopsi oleh sekolah.  Ruang lingkup model ini adalah 12 model kurikulum meliputi jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yaitu mata pelajaran bahasa Ingrris (3 model), Sains (3 model), Matematika (3 model), dan TIK (3 model). Berbagai metode kegiatan telah dilakukan baik melalui workshop, kajian literatur, kerja individu, maupun diskusi. Langkah kegiatan telah dilaksanakan untuk mendapatkan model ini antara lain penyusunan desain pengembangan model kurikulum SBI, kajian konsep kajian kebutuhan lapangan, penyusunan model kurikulum satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini didahului dengan penyamaan persepsi tentang apa, mengapa, dan bagaimana kurikulum SBI serta bentuk formatnya yang dilanjutkan penyusunan model kurikulum SD, SMP, dan SMA mata pelajaran IPA, Matematika, Bahas Inggris, dan IT. Selanjutnya review model kurikulum dilanjutkan dengan ujicoba model di dua provinsi dalam Jawa yaitu Bandung -Jawa Barat dan Yogyakarta – DIY. Hasil uji coba dianalisis sebagai dasar untuk melaksanakan perbaikan model untuk menghasilkan model kurikulum yang lebih sempurna.


Download Model Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional SD, SMP, SMA


Jika bapak ibu sangat membutuhkan silahkan Download  Model Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional SD, SMP, SMA link dibawah ini :
Model Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional.zip
Model Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional.pdf 
SMA_ICT.doc 
SMA_Kimia.doc 
SMA_Fisika.doc 
SMA_Biologi.doc
SMA_Math.doc
SMP_ICT.doc
SMA_English.doc
SMP_SAINS.doc
SMP_Math.doc 
SMP_English.doc 
SDSAINS.doc 
SD_Math.doc 
SD_English.doc

Demikian yang bisa kami bagikan bila ada kata yang kurang pas kami mohon maaf.

Post a Comment