Ads (728x90)

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini masih belum dibuka. Hal itu karena pemerintah sedang berupaya mendistribusikan PNS secara merata di tiap daerah supaya APBD-nya sehat. Sehingga moratorium berlanjut penerimaan PNS berlanjut.

Menpan-RB: Maaf, Tahun ini Belum Bisa Buka Penerimaan CPNS Karena.....


"Kita masih membenahi distribusi pegawai, ada pegawai di suatu daerah berlebih atau kurang, itu kita coba redistribusi supaya beban belanja pegawainya tidak lebih dari 50%," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur.


Saat ini, masih ada banyak Pemda yang memiliki anggaran APBD tidak sehat, yaitu lebih dari 50% anggarannya habis untuk belanja pegawai. Padahal seharusnya belanja pegawai di bawah 50% supaya APBD tersebut dapat digunakan untuk membangun infrastruktur produktif. Berikut daftar daerahnya, seperti:



Dia mencontohkan misalnya anggaran suatu daerah Rp 1 triliun, maka sebanyak Rp 500 miliar dialokasikan untuk belanja pegawai. Kondisi APBD seperti ini tidak sehat, sehingga Kementerian PAN-RB mengupayakan distribusi PNS daerah.

Sumber:sekolahdasar,net

    Post a Comment