Ads (728x90)

Melanjutkan informasi sebelumnya tentang kebutuhan guru SD yang akan banyak di tahun depan, yuk mari kita intip formasi mana saja yang paling tinggi.

Kebutuhan paling tinggi adalah untuk kelompok guru kelas yang mencapai 97.277 orang. Kemudian guru pendidikan jasmani (penjas) sebanyak 64.203 orang dan guru muatan lokal (mulok) sejumlah 26.525 orang.

Formasi Tertinggi Kebutuhan Guru SD
Guru PJOK termasuk tertinggi dibutuhkan

Prediksi kekurangan guru itu mempertimbangkan tidak ada pengangkatan guru baru. Selain itu, terjadi penambahan rombongan belajar akibat penambahan jumlah penduduk dan terjadi pengurangan guru akibat pensiun. 

Melalui program rekrutmen PNS guru garis depan (GGD), pejabat yang akrab disapa Pranata itu berharap kebutuhan guru bisa terisi. Tahun ini kuota PNS guru garis depan mencapai 7.000 orang. Dia juga berharap rekrutmen guru PNS tetap dibuka secara reguler. Namun, kewenangan membuka rekrutmen CPNS baru ada di tangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).


Masalah lain adalah distribusi yang tidak merata. Guru-guru negeri di pinggiran kerap mengalami kekurangan guru. Sementara di SD negeri tengah kota, gurunya melimpah.

Post a Comment