Alhamdulillah, Kabar Gembira!! Pekan Depan, Gaji Guru PNS/THL Dibayar

Assalamualaikum...wr...wb..Salam sejahtera untuk Kita semua semoga tetap dalam keadaan sehat dan baik. Kabar gembira, Pekan depan Gaji guru PNS/ THL akan di bayarkan..

Kabar baik bagi mayoritas guru SMA/SMK di Sulut. Setelah hampir tiga pekan tak menerima gaji pasca beralih status sebagai PNS pemprov, akhirnya nasib mereka semakin jelas. Tak hanya guru PNS, para tenaga harian lepas (THL) juga segera menerima haknya.

Image result for gaji guru

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) mengatakan, dari 15 kabupaten/kota se-Sulut, baru guru di tiga daerah yang menerima gaji pertama dari pemprov. Sedangkan sisanya belum. “Iya, baru tiga daerah yang berjalan baik. Masih ada 12 lagi yang belum,” bebernya, kemarin (18/1).

OD pun menggelar rapat terbatas di ruang kerjanya, kemarin. Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen, Asisten Bidang Administrasi Umum Roy Roring, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Kadis Pendidikan Gamy Kawatu dihadirkan. 

Setelah pertemuan itu, Olly memastikan nasib para guru semakin jelas. “Minggu ini harus selesai. Saya sudah minta ke Kaban Keuangan, mata rantai administrasi yang selama ini menghambat pembayaran harus beres,” jamin dia.

Bahkan, tak hanya untuk guru PNS. Gaji guru THL ikut dia jamin. “Iya semua termasuk mereka (guru THL, red). Pokoknya semua gaji guru di Pemprov Sulut tidak boleh menunggak,” ujarnya.

Terkait persiapan pelantikan para kepsek. Olly memastikan pembahasan sedang intens dilakukan.  Sama persiapan pembayaran gaji guru.

Sementara itu, Kepala BKD Femmy Suluh menjelaskan, ada perbedaan proses administrasi antara guru PNS dan non PNS. Gaji guru PNS telah tertata dalam anggaran belanja pegawai. Sedangkan gaji guru THL diatur dalam belanja barang dan jasa. “Sehingga terkait pembayaran gaji THL, sepenuhnya menjadi kewenangan dinas pendidikan,” terang Sulut.

Terpisah, Kawatu mengatakan, pembayaran gaji guru telah tertata. Sehingga tidak ada masalah ketersediaan anggaran dalam pembayaran gaji guru. Tapi, proses administrasi yang belum sepenuhnya selesai menjadi penghambat. “Karena kan ada berkas-berkas kepindahan mungkin yang belum selesai. Tapi ini sementara kita selesaikan,” katanya.


Demikian berita dan Informasinya semoga bermanfaat,amiiin.

Comments