Ads (728x90)

assalamualaikum wr wb

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahukan informasi seputar Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional, yang dimana pada setiap tahunnya Hari PEndidikan Nasional ini biasannya diperingati dengan melaksanakan sebuah Upacara . 
Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, Pahlwn Nasnal yang dihormati sebagai bapak Pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era Kolonial Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hndia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.
Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama taman siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, Tut Wuri Handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 aprl 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.
untuk lebih lanjutnya silakan download surat edarannya : 
 
Surat Edaran Sesjen Perihal Upacara Hari Pendidikan Nasional Tanggal 2 Mei 2016


Sekian yang dapat saya sampaiakn, mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau penulisan . 

Sumber : Kemdikbud

Post a Comment