Teknik Steganografi Pengiriman Pesan Tersembunyi

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis atau menyembunyikan pesan tersembunyi dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata steganografi (steganografi) berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat diantara garis-garis yang kelihatan.

Teknik steganografi meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia (teks atau gambar) di dalam file-file lain yang mengandung teks, image, bahkan audio tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari file semula. Metode ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar. Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam prakteknya kebanyakan diselesaikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial, sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan. Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritma yang digunakan.

Carilah pesan yang terkandung pada gambar dibawah ini:


Gambar steganografi

Penyelesaian:

Hurup “M” menjadi patokan. Karena hanya terdapat satu huruf “M” kapital, cara mendapatkan pesan pada gambar Yaitu menggunakan limas segi empat yang dibuka/ di belah dari atas atau sering juga disebut dengan jaring-jaring limas segi empat.

Dan karena label yang di buat seimbang jadi penempatan garis tidak akan terlalu sulit kita tinggal mengikuti bentuk jaring-jaring limas segi empat .

Jadi kunci untuk memecahkan simatografi ini adalah jarring-jaring limas segi empat. Dapat dilihat seperti contoh di bawah ini.

Gambar steganografi


Dan setelah huruf-huruf lainnya di eliminasi maka akan muncul sebuah kata. Yang menjadi huruf awalnya adalah huruf yang berbeda jenisnya. Karena huruf “M” merupakan satu-satunya huruf “m” kapital dan biasanya huruf kapital berada di awal kalimat maka huruf “M” menjadi huruf awal dari kata yang menjadi pesan dari table tersebut jadi kunci yang kedua adalah Ejaan huruf dan cara membacanya mengikuti searah jarum jam. Hasilnya seperti di bawah ini.

  maka pesan yang terkandung dalam gambar tersebut ialah “MULKYUKY”

inilah yang dimaksud dengan teknik STEGANOGRAFI.

Comments