Pelayanan ASN Diukur dengan Sistem Elektronik


Pemanfaatan teknologi merupakan sebuah keniscayaan, semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia baik selaku pribadi oraganisasi pemerintah, teknologilah sebagai pendukung dan mempermudah kerja manusia termasuk pengawasan serta penilaian kinerja bawahan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan seluruh pelayanan berkaitan dengan aparatur sipil negara (ASN) menggunakan sistem elektronik. Selain lebih cepat aksesnya dan transparan, hal itu juga akan irit dari sisi penganggaran.
e-kinerja ASN

"BKN telah mengembangkan berbagai sistem elektronik guna pelayanan ASN. Seperti computer assisted test (CAT) untuk rekrutmen CPNS dan assesment center, pendaftaran ulang PNS (e-PUPNS), dan saat ini pengukuran kinerja lewat e-kinerja," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Kamis (8/10).

Beliau menambahkan, guna memperbaiki serta mengontrol kinerja, ASN wajib memiliki target dalam bekerja per hari. Karena itu, pihaknya menerapkan e-kinerja. 

“Kami ingin memastikan setiap PNS memiliki kinerja harian,” ujarnya.

Menurut Bima, e-kinerja diciptakan dengan harapan agar setiap ASN memiliki target kinerja. Dengan begitu, mereka mengetahui beban tugas serta apa yang harus dilakukan.

“Ketika masuk kantor, mereka harus tahu akan berbuat apa, untuk apa, dan berapa banyak,” ucapnya
Semoga e-kinerja benar-benar bisa mewujudkan kinerja ASN yang optimal dan berkeadilan, sehingga timbul persaingan positif dalam melaksanakan tugas negara.

Comments