Ads (728x90)


Download Proposal Pengajuan Subsidi Dalam Kegiatan KKG

   Proposal ini dibagikan agar bapak ibu pengurus kkg mudah dalam mengerjakan, proposal ini diajukan untuk memperoleh subsidi dari pemerintah. Proposal ini dilengkapi dengan contoh-contoh lampiran apa saja yang dibuat untuk melengkapi laporan.



BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Diterapkannya Peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasai Nomor : 16 Tahun 2009, sejak 1 Januari 2013 merupakan tantangan bagi guru dalam meningkatkan profesionalisme tugas maupun mutu kinerjanya. Program ini berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk percepatan peningkatan mutu pembelajaran siswa.
Secara umum kondisi pendidikan di Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas pendidikan  dengan indikator nilai rata-rata kelulusan pada tingkat sekolah dasar masih jauh dari harapan,  masih tingginya kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim.
Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkepentingan secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan mutu pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa dan mutu pendidik sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan.
Mengingat pula hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan tahun 2015 guru di Indonesia masih banyak yang berada di bawah kriteria minimal yang ditetapkan pemerintah yaitu 55. Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui forum Kegiatan Kolektif Guru.
Kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru baik di sekolah maupun di luar sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan.

Salah satu bentuk kegiatan kolektif guru adalah keikutsertaan guru dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). KKG merupakan kegiatan wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur dalam rambu-rambu Penyelenggaraan KKG/MGMP. Dalam 1 tahun, guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan (dapat berarti dalam setiap bulan ada 1 kali pertemuan) dalam beberapa paket kegiatan. Setiap 1 paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3 kali pertemuan.
Untuk itu dibutuhkan perencanaan program kegiatan yang sistematis, terstruktur dan terukur sebagai sebagai pedoman kegiatan dalam 1 tahun. Profil kegiatan kolektif guru ini disusun sebagai gambaran bahwa komitmen peningkatan mutu guru selalu dilaksanakan secara berkesinambungan, dengan memegang prinsip efektifitas, urgensi, dan kebutuhan guru-guru peserta KKG meliputi kompetensi paedagodik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

B.     TUJUAN
1.      Tujuan Umum
Tujuan Umum dari kegiatan Kelompok Kerja Guru  adalah pengembangan diri guru melalui kegiatan kolektif dalam upaya peningkatan kinerja sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran di masing-masing satuan pendidikan.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus  dari kegiatan Kelompok Kerja Guru ini, adalah :
a.       Memfasilitasi guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah ditentukan.
b.      Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
c.       Memotivasi guru-guru untuk memiliki komitmen melaksanakaan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional.
d.      Mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan terhadap profesi pendidik.
e.       Memperoleh angka kredit dalam kegiatan ini untuk supaya guru dapat naik pangkat dalam waktu minimal yang telah ditetapkan.
f.       Mempersiapkan guru yang memiliki kemampuan mengelola pembelajaran dengan efektif dari merencanakan, melaksanakan, membimbing, menilai, mengevaluasi sampai dengan memberikan tindak lanjut.
g.      Membangun karakter dan kemauan guru yang kuat, terhadap pentingnya peningkatan mutu guru, kinerja dan kualitas profesi menjadi guru yang inspiratif, inovatif, dan mampu memotivasi peserta didik menuju generasi emas.

C.    SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan kolektif guru melalui forum KKG adalah :
1.      Guru
Hal ini merupakan bagian utama, karena guru adalah pelaksana, praktisi pembelajaran yang pertama kali harus memiliki komitmen kuat terhadap terlaksananya perubahan positif yang dimulai dari diri sendiri menuju peserta didik. Menjadi guru yang layak diteladani, dinanti dan penuh inspirasi merupakan sasaran yang harus diwujudkan melalui kegiatan kolektif guru. Termasuk dalam hal ini kemampuan guru dalam menyusun perangkat penilaian meliputi penilaian berbasis kelas maupun pelaksanaan ujian sekolah.
2.      Peserta didik
Peserta didik merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dengan guru. Kedua unsur ini antara guru dan peserta didik adalah komponen yang sangat terkait dalam kelas. Dengan format kegiatan yang inspiratif dan inovatif bagi guru akan berimplikasi bagi peningkatan mutu peserta didik.
3.      Pemegang kebijakan
Pemegang kebijakan meliputi Kepala Sekolah, Pengawas, maupun Dinas Pendidikan. Keberhasilan guru dan peserta didik tidak terlepas dari manajemen pemegang kebijakan.






D.    HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain sebagai berikut:
1.      Bagi Guru
a.       Terbentuknya guru yang memiliki semangat juang tinggi untuk meningkatkan kemampuan profesionalitasnya.
b.      Terbangunnya karakter / kepribadian yang kuat bagi guru sehingga mampu menjadi figur yang layak diteladani, inspiratif dan mampu menjadi motivator positif
c.       Makin tumbuhnya kesadaran guru untuk melakukan perubahan positif yang dimulai dari diri sendiri menuju peserta didik.
d.      Terwujudnya guru yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, membimbing, mengevaluasi dan memberikan tindak lanjut dalam pembelajaran.
e.       Tersusunnya paket-paket soal ujian sekolah yang mampu dijadikan bahan latihan USBN bagi peserta didik.
2.      Bagi Peserta Didik
a.       Peserta didik menjadi lebih terlatih untuk berfikir kritis, inovatif, dan visioner terhadap cita-citanya.
b.      Kualitas pendidikan dapat meningkat melalui indikator rata-rata nilai ujian peserta didik.
c.       Kesadaran belajar peserta didik dapat tumbuh menjadi motivasi positif guna meraih cita-cita yang diharapkan.
d.      Terbangunnya sikap sadar akan belajar
e.       Terbentuknya peserta didik yang memiliki karakter, sifat, daya juang tinggi terhadap tantangan masa depan.
3.      Bagi Pemegang Kebijakan
a.       Terprogramnya kebijakan pemerintah yang bermuara pada peningkatan kualitas guru maupun peserta didik.
b.      Terfasilitasinya berbagai kegiatan kolektif guru
c.       Makin tumbuhnya kepercayaan guru terhadap kebijakan peningkatan mutu pendidikan.



BAB IIDESKRIPSI KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN

A.    TEMPAT KEGIATAN
Tempat pelaksanaan kegiatan kolektif guru KKG “Dewi Sartika “ bertempat di SD Inti yaitu SD Negeri 1 Monggot Jl. Raya Purwodadi-Solo Km. 19 Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Propinsi JawaTengah Kode Pos 58172
.
B.   WAKTU KEGIATAN
Waktu kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 09.30 – 12.15. Target dari waktu kegiatan adalah satu bulan ada 1 paket kegiatan (3 kali pertemuan), 1 kali pertemuan 3 jam pelajaran dengan asumsi 1 jam pelajaran 45 menit.

C.   SASARAN PESERTA KEGIATAN
Sasaran peserta kegiatan  kolektif guru KKG Gugus Dewi Sartika adalah semua guru kelas  yang masih aktif mengajar baik berstatus Pegawai Negeri Sipil, Tenaga Honorer dan Guru Wiyata Bhakti. Berikut ini adalah tabel sasaran peserta kegiatan kolektif guru KKG Dewi Sartika yang akan dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2015/2016.
Tabel 2.1
Sasaran Peserta Kegiatan Kolektif Guru
KKG Gugus Dewi Sartika

NO
NAMA SEKOLAH
JUMLAH
ROMBEL
JUMLAH GURU
STATUS
PNS
HONORER
1
SD Negeri 1 Monggot
6
6
6
-
2
SD Negeri 2 Monggot
6
6
5
1
3
SD Negeri 3 Monggot
6
6
4
2
4
SD Negeri 1 Ngrandu
6
6
4
2
5
SD Negeri 2 Ngrandu
6
6
4
2
6
SD Negeri 3 Ngrandu
6
6
4
2
7
SD Negeri 4 Ngrandu
5
5
3
2
8
SD Negeri 1 Juworo
6
6
5
1
9
SD Negeri 2 Juworo
6
6
4
2
10
SD Negeri 3 Juworo
6
6
5
1
11
SD Negeri 4 Juworo
6
6
4
2
Jumlah
65
65
48
17

D.    MATERI KEGIATAN
Materi kegiatan yang  telah dilaksanakan dalam kegiatan kolektif guru KKG gugus Dewi Sartika tahun 2015/2016 dalam bentuk tabel.
Tabel 2.2
Materi Kegiatan Kolektif Guru

No
Materi
Jumlah
Pertemuan
Jml
Paket
Penyaji
Ket
1
2
3
4
5
6
Silabus dan RPP
Media Pembelajaran  
Penilaian Pembelajaran
Pembelajaran PAKEM
PKG
PKB
3
3
3
3
3
3
1
1
    1
1
1
1
Pengawas TK/SD
Instruktur
Guru Pemandu
Instruktur
Pengawas TK/SD
Instruktur


JUMLAH
18
6


Ket :  1 Paket kegiatan KKG mendapatkan penilaian angka kredit 0,15.

E.     JADWAL KEGIATAN

Padatnya kegiatan Dinas pada Tahun Pelajaran 2015/2016 ditambah dengan hari efektif yang baru dimulai tanggal 27 Juli 2015 membuat pelaksanaan kegiatan yang seharusnya bisa dimulai pada bulan Agustus terjadi kemunduran di bulan Oktober. Berikut kami sajikan jadwal pelaksanaan program kegiatan kolektif guru KKG Dewi Sartika tahun 2015/2016 dalam bentuk tabel.
Jika bapak ibu pengen mendownload klik download dibawah ini :

Post a Comment