Ads (728x90)

TES SUMATIF PEDAGOGIK
MATERI KK – F KOMUNIKASI EFEKTIF
Pilih Jawaban yang paling tepat !
Saat awal pembelajaran, guru memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta didik. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon untuk menggali lebih dalam pemahaman siswa tersebut adalah ….  tes sumatif pedagogik
  • “Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!” 
  • “Kurang tepat. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”
  • “Kurang tepat, kamu perlu banyak belajar.”
  • “Coba cermati ulang pertanyaan ibu guru!”

Saat pembelajaran, banyak siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru karena kurang bisa mengikuti beberapa materi pelajaran yang diberikan. Cara guru dalam memberikan tanggapan yang efektif, empati, dan santun agar peserta didik merasa senang, bergairah, dan berinisiatif adalah ….
  • terus memacu siswa menjawab pertanyaan yang diberikan sampai mendapatkan jawaban yang benar.
  • meminta siswa memberikan alasan atas jawaban yang diberikan
  • menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai kesepahaman 
  • meminta siswa tertentu untuk menjawab dengan benar.
Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui apakah materi pelajaran dapat diterima dan dipahami. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ….  tes sumatif pedagogik
  • “Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”
  • “Coba kamu simak saat guru sedang menjelaskan!”
  • “Jawaban kamu belum benar, coba tanyakan kepada temanmu!”
  • “Coba kita dengar jawaban atau pendapat dari teman yang lain!” 

Pak Imron memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Imron kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Imron mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Imron kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi…
  • Verbal
  • Personal
  • Non verbal
  • Satu arah

Ibu Malihah menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Malihah kepada siswa tersebut merupakan komunikasi…  tes sumatif pedagogik
  • Kelompok
  • Verbal
  • Non verbal
  • Massa

Para siswa kelas IV SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur….
  • Noise
  • Decoding
  • Media
  • Massege
Bu Meida mengajar di kelas V dengan cara berkomunikasi secara langsung kepada para siswanya. Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Komunikasi yang digunakan bu Meida menggunakan komunikasi….  tes sumatif pedagogik
  • Non verbal
  • Satu arah
  • Verbal
  • Personal

Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa. Salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya. Cara guru dalam memberi tanggapan yang efektif, empati, dan santun yaitu ….  tes sumatif pedagogik
  • “Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!
  • “Menurut yang lain, mana jawaban yang benar?”
  • “Coba kamu pelajari lagi materinya, mengapa jawaban kamu bisa berbeda?”
  • Coba kita dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang lain?” 

Ibu Defitianur menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa kelas 6 SD. Ibu Defitrianur memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memberikan tanggapan terhadap materi pelajaran yang telah diterima.
Tanggapan yang diberikan para siswa terhadap materi pelajaran yang telah diterima dalam proses komunikasi merupakan unsur….
  • Decoding
  • Response
  • Receiver
  • Encoding

Saat akhir pembelajaran, guru  memberikan pertanyaan secara klasikal untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah …. tes sumatif pedagogik
  • “Kurang tepat. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”
  • “Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!” 
  • “Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”
  • “Kurang tepat, kamu perlu banyak belajar!”

Post a Comment