Ads (728x90)

Kabar Gembira !! karena bahwasannya akan ada beasiswa untuk guru atau tenaga pengajar dari program Teacher Training. Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2017.

Beasiswa Untuk Guru Dari Program Teacher Training 2017
Beasiswa Untuk Guru Dari Program Teacher Training 2017

Dokumen yang diperlukan (dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses):

"joinsite untuk informasi selanjutnya"


Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap (1 original dan 2 rangkap fotokopi) dan dibuat/ diprint pada kertas ukuran A4 dan Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta. 

Fasilitas yang didapat:

  • Tanpa ikatan Dinas
  • Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/ Osaka)
  • Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
  • Tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
  • Beberapa universitas menyediakan tempat tinggal (biaya dikelola dari tunjangan hidup yang diberikan) untuk para peserta, dan khusus untuk universitas yang tidak menyediakan tempat tinggal, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.

Cara Pelamaran :
Pendaftaran dibuka pada 30 November 2016 dan ditutup pada 3 Januari 2017.
Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan langsung/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.

Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap diserahkan langsung/dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24 
Jakarta 10350

Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 3 Januari 2017 (bukan cap pos). Mohon tuliskan kode “Teacher Training 2017” pada bagian kanan atas amplop.

Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.

*Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Tahap Penyeleksian :
Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 27 Januari 2017. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.

Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Jadwal ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)

Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal seleksi wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)

Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.

Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2017.

Contoh Universitas & Bidang Studi
Untuk contoh pilihan universitas & bidang studi program teacher training, bisa dilihat di website berikut.

Daerah Hokkaido hingga Chubu

Daerah Kinki hingga Okinawa

Kontak :

Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp

Demikian Informasi yang dapat admin sampaiakan semoga berguna dan bermanfaat.


Post a Comment