Ads (728x90)

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada berbagai urusan yang mengharuskan anda untuk tidak masuk kerja. Urusan tersebut misalnya karena ada kepentingan keluarga yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan, karena sakit harus istirahat untuk memulihkan kesehatan, atau karena urusan pernikahan yang sulit bila harus mengurusnya sambil bekerja. Kondisi yang seperti ini tentu dapat ditoleransi oleh perusahaan dan memperbolehkan anda untuk ijin dalam jangka waktu tertentu, asalkan dengan menunjukkan sikap yang baik terhadap perusahaan. Salah satunya dengan memberikan surat ijin tidak masuk kerja.

Untuk anda yang masih belum tahu seperti apa format pembuatan surat ijin kerja, berikut ini ada contoh surat ijin tidak masuk kerja dengan berbagai alasan dan susunan kata. Namun pada dasarnya struktur serta format surat ijin itu sendiri harus mencakup delapan hal di bawah ini, yakni :
  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Ditujukan kepada siapa surat tersebut
  3. Perihal
  4. Salam pembuka (dengan hormat)
  5. Menunjukkan identitas diri anda
  6. Isi Surat, yang tidak berbelit-belit
  7. Ucapan terima kasih, dan
  8. Tanda tangan berikut nama terang

Surat tetaplah harus dibuat meskipun sekarang sudah banyak media elektronik yang lebih praktis seperti melalui telepon atau pesan singkat, namun surat tetap merupakan media ijin yang lebih formal atau resmi.
  1. Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja Karena Ada Kepentingan Keluarga

Kepentingan keluarga yang benar-benar tak bisa ditinggalkan semisal ada anggota keluarga yang menikah, ada perkumpulan keluarga besar, atau anggota keluarga meninggal dunia merupakan alasan yang bisa diterima oleh perusahaan :

  • Contoh :


Yth.

Manajer Personalia

Sumber Makmur
di Surabaya

Perihal: Ijin tidak masuk kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Akbar Riski Pratama

Alamat             : Jl. Merah putih No.17, Surabaya

Jabatan           : Staf administrasi

Bersama surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 1 hari besok tanggal 4 November 2015 dikarenakan ada keperluan keluarga. Besar harapan saya untuk bisa diberikan ijin.

Demikian surat ijin ini saya buat dengan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Surabaya, 3 November 2015

Hormat saya,

Akbar Riski Pratama

  • contoh :


Semarang, 5 Februari 2015

Yth.

Kepala HRD

Maju Berkah
di tempat.

Hal : Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Iroh Sulistyowati

Alamat             : RT3, RW5 Sukamaju, Semarang

Jabatan            : Kasir

Bersama ini saya bermaksud meminta ijin untuk tidak masuk kerja selama 2 (dua) hari ke depan dikarenakan kepentingan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu saya memohon ijin untuk diberikan cuti kerja.

Demikian surat ini saya buat. Atas pengertiannya saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

Iroh Sulistyawati

            2. Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit


Kondisi tubuh yang sakit memang memerlukan waktu untuk beristirahat agar cepat sembuh. Karena kalaupun anda memaksakan masuk kerja tentu produktifitas kerja juga tidak maksimal.

  • Contoh  :

Yogyakarta, 5 Februari 2015

Yth.

Kepala HRD

Sumber Berkah
di tempat.

Hal : Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Indarwati

Alamat             : Gang Jambu No.5, Kalibening, Yogyakarta

No. KTP           : 1245632541254

Jabatan            : Akuntan

Dengan ini mengajukan permohonan ijin tidak masuk kerja mulai hari ini, 3 September 2015 sampai dengan hari Senin, 7 September 2015 dikarenakan sakit.

Permohonan ijin ini saya ajukan karena menurut anjuran dokter saya harus beristirahat selama 4 hari. (surat keterangan dokter dilampirkan)

Demikian permohonan ijin ini saja sampaikan. Atas perhatian dan ijin yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Yogyakarta, 3 September 2015

Hormat Saya

Indarwati

  • Contoh :

Yth.

Manajer Personalia

Sinar Bahagia
di tempat

hal : surat ijin tidak masuk kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Iman Suliman

Alamat                          : jl. Kembang sepatu No.17, Bandung

Jabatan                        : Marketing

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan surat ijin tidak masuk kerja mulai hari ini hingga 2 hari kedepan dikarenakan sakit. Untuk lebih lengkapnya berikut saya lampirkan surat keterangan dokter.

Demikian surat ijin ini saya buat sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Iman suliman


                3. Contoh Surat Ijin Tidak Masuk Kerja untuk Menikah

Untuk anda yang saat ini sedang bekerja di suatu sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau perusahaan, tentu saja ada syarat khusus yang harus anda patuhi ketika ingin melangsungkan pernikahan. Salah satunya ialah mengajukan surat ijin untuk mengurus pernikahan yang tidak mudah dilakukan dalam waktu beberapa hari saja, dan karena ijin yang cukup lama tentunya akan lebih etis mengajukan surat ijin daripada hanya menyampaikan ijin lewat lisan. Ini juga akan menunjukkan bahwa anda bertanggung jawab dan profesional.

Contoh :

Magelang, 3 Mei 2015

Kepada Yth.

Manajer HRD

Abadi Jaya
di tempat.

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Ayu Hastari

Alamat             : jl. Tatabumi No.12, Sukamaju, Magelang

Jabatan            : Staf Administrasi

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan ijin cuti selama 1 (satu) minggu dimulai hari ini sampai 10 Mei 2015 guna mengurus segala sesuatu yang bersangkutan dengan keperluan pernikahan saya pada 6 Mei 2015.

Demikian surat ijin ini saya ajukan. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ayu Hastari


Semoga informasi tentang contoh surat ijin tidak masuk kerja di atas bermanfaat. Surat Izin tidak masuk kerja di atas bisa di sesuikan dengan keperluan surat sejenisnya di antaranya : contoh surat izin tidak masuk kerja karena keperluan keluarga, contoh surat izin tidak masuk kerja karena ada kepentingan, contoh surat izin tidak masuk kerja karena menikah, contoh surat izin tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga, contoh surat izin tidak masuk sekolah, contoh surat izin tidak masuk kuliah, contoh surat izin tidak masuk kerja karena urusan keluarga,contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit. Semoga Bermanfaat.


sumber : http://salamsatudata.web.id/

Post a Comment