Ads (728x90)

PNS dengan Kinerja Terburuk Dirumahkan

Begini cara pemerintah memilih dan memilah PNS yang akan kena Rasionalisasi. Tahapan Rasionalisasi atau pemangkasan sejumlah Pegawai Negeri Sipil akan dimulai pada bulan Mei 2016. Langkah awal berupa audit organisasi, disusul dengan pemetaan SDM, dan penilaian kinerja. Hasil penilaian akan dirangking, PNS dengan rangking kinerja terbawa/terburuk akan dirumahkan.
Mentri Kemenpan RB

Kepastian rasionalisasi jumlah PNS itu disampaikan MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi di hadapan para sekretaris daerah provinsi se-Indonesia di kantor kemenpan-RB, Selasa kemaren (8/3).

"Rasionalisasi akan kami lakukan mulai 2017. Pengurangan ini dalam upaya menurunkan belanja pegawai yang saat ini masih 33,8 persen," kata Yuddy Chrisnandi di acara rapat kordinasi pendayagunaan aparatur negara tingkat provinsi itu.

Beliau menerangkan, seharunya porsi belanja pegawai di APBN sudah turun, yakni 33,8 persen‎. namun, menurutnya angka itu masih terlalau tinggi dan harus diturunkan lagi. Cara menurunkannya, kata Menpan Yuudy, salah satunya dengan cara mengurangi PNS yang dinilai tidak punya kualifikasi, kinerja buruk, serta tidak kompeten. 

Belanja APBD rata-rata di atas 50 persen

Terlebih lagi, untuk tingkat daerah, belanja pegawai masih cukup besar. Yuddy menyebut 134 daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen dan beberapa di atas 70 persen. Yuddy mengatakan, kebijakan rasionalisasi saat ini masih dalam tahap kajian dan akan diterapkan mulai 2017.

"Kajian rasionalisasinya sudah hampir selesai dan bisa dilaksanakan tahun depan (2017). Tahap awal, kita bikin 10 persen. Misal di Kantor KemenPAN-RB ada 360 pegawai, akan dibuat rangking satu sampai 360. Bila yang dirasionalisasi 10 persen, berarti ada 36 PNS langsung kita pensiunkan dini," terangnya.

Satu juta PNS aktif dan 5 Ratus ribu PNS masuk usia Pensiun

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, pada acara yang sama. Rasionalisasi jumlah PNS akan dimulai 2017 hingga 2019. Targetnya, satu juta PNS dipensiunkan lebih dini, alias dirumahkan. Ditambah ada 500 ribu PNS yang masuk masa pensiun pada 2017-2019. Total, ditargetkan ada pengurangan 1,5 juta PNS. (baca juga : Daftar PNS Yang Kena Rasionalisasi Akan di Pensiun Dini, Mendapatkan Pesangon?)

Menteri Baru KemenPAN-RB, Apakah Melanjutkan Program Pemangkasan Sejuta PNS?

Post a Comment